Minggu, 20 Oktober 2013

Perlunya Keteladanan Seorang Guru

Assalamualaikum Wr. Wb.

Guru di sekolah merupakan Figur seorang murid yang mesti jadi panutan dan contoh untuk para muridnya. Jangan sampai figur kita seorang guru menjadi bahan celaan atau cemoohan seluruh murid di sekolah. Adapun kali ini YP Muawanah, mau memberikan sedikit tips atau apa ya,
mungkin tepatnya bukan tips tapi suatu pegangan yang mesti guru miliki dan kayaknya ini wajib dimiliki oleh setiap guru.

Apa saja yang mesti jadi pegangan seorang guru supaya menjadi guru teladan terhadap muridnya, adalah sebagai berikut :

1. Sabar

Seorang guru, biasanya dikenalkan dengan beberapa murid bahkan bisa ratusan murid yang beda karakter di setiap murid. Ada tipe anak pendiam, pemarah, nakal, bikin kesel dan selalu bikin ulah, murid perlu diajari sesuatu karena ia tidak tahu. Anda tidak dapat berharap bahwa dengan sekali penjelasan, murid yang diajari akan paham sepenuhnya apa yang anda ingin sampaikan. Pengajaran adalah proses yang membutuhkan kesabaran.

2. Fokus

Dedikasikan waktu anda untuk memberikan pengajaran dan pemahaman. Jangan melakukannya sebagai sambilan atau formalitas, karena hasilnya tidak akan maksimal.dengan fokus sebagi kita bisa lebih tertuju dan tertarget.

3. Sisipkan Humor

Semua orang suka humor. Banyak sekali guru yang disenangi murid karena suka berkelakar. Menyelipkan humor dapat menghilangkan ketegangan dan rasa kantuk. dan tidak ada kecanggungan atau ketegangan yang membuat suasana belajar susah di serap.

4. Kreatif

Guru/Pengajar yang baik memiliki kreativitas dalam menyampaikan ide, memberi penjelasan, menggunakan alat bantu, dan memberi motivasi.kepada setiap murid yang dia ajar.

5. Pemberi Informasi yang akurat

Memberikan bimbingan kepada anak didik memiliki jiwa dan watak yang baik, mampu membedakan mana yang baik mana yang buruk, mana yang halal mana yang haram, adalah termasuk tugas seorang guru.

Itulah 5 Pegangan untuk Menjadi Guru Teladan Terhadap Muridnya, semoga bisa menjadi guru yang bisa berbakti untuk abdi negara dan ikut berfartisifasi mengembangkan pendidikan di Negara Indonesia tercinta ini.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar